Hikmah akad nikah

Akhir minggu lalu saya mengikuti prosesi akad nikah seorang teman di Bandung. Sudah lama sekali saya tidak pernah mengikuti prosesi akad nikah seperti ini. Banyak hal yang bisa dipetik dari sebuah prosesi akad nikah. Salah satunya adalah perbedaan budaya. Banyak perkawinan yang merupakan percampuran budaya dari berbagai daerah di Indonesia. Teman saya ini benar-benar campuran berbagai daerah karena dianya campuran padang-sumbar-jawa, sedangkan suaminya berdarah lombok,… Nah lo, bhineka tunggal ika kan,..

Seperti halnya jika kita mengikuti prosesi kematian yang mengingatkan kita akan kematian yang sudah pasti akan menjemput kita. Begitu juga dengan prosesi akad nikah. Bagi yang sudah menikah, seperti saya, kita akan diajak kembali untuk mereview ketika kita mengucapkan janji-janji setia kepada pasangan kita. Kadangkala memory kita berputar dan seolah-olah kejadian entah berapa tahun yang lalu terulang di depan mata kita. Kesahduan suasana akad nikah sungguh menggetarkan otak kanan kita. Sangat berbeda dengan jika kita mengikuti resepsi ipernikahan. Kadangkala motivasi seseorang untuk hadir di resepsi bermacam-macam. Mulai dari hanya sekedar pengen numpang makan sampai pengen numpang photo-photo bareng pengantin. Rugi kan kalo nggak foto2, kan udah dandan 2 jam di salon,..yuuuuuu

Ada beberapa point khotbah akad nikah pada kawinan kali ini yang masih saya ingat.

Orang dari KUA mengatakan bahwa ada beberapa benteng untuk menuju perkawinan yang sakinah mawadah warrahmah,… Yaitu :

Taat beragama,.. artinya suamiistri harus saling mendukung dalam melaksanakan ibadah, terutama ibadah sholat yang lima waktu. Seharusnya setiap sholat jika ada kesempatan kalo bisa berjamaah. Apalagi saling mengingatkan untuk sholat-sholat sunat. Apalagi kaalo mengingatkan dalam sholat sunat tahajjud, wah pasti asyik sekali tuh,..

Saling pengertian,… artinya memahami fungsi masing-masing. Mungkin fungsi suami-istri di tiap rumah tangga. Apalagi jaman sekarang dimana istri menuntut fungsi yang lebih dalam menjalankan rumah tangga. Intinya adalah kebersamaan. Pengertian akan berangkat dari kebersamaan ini.

Mencari rizky yang halal,… Artinya rezeki yang qona’ah. Tidak bermewah-mewah tetapi juga tidak terlalu nelongso sehingga terkesan pelit. Kalau saya perhatikan, memang banyak pasangan yang mencari rizky yang halal dan menghasilkan keturunan-keturunan yang kebanyakan bermasalah buat orang tuanya. Mungkin karena “fruit of the loin” ini dikasih makan dari rezeky yang haram, jadinya seperti anak haram,… Mungkin kali ye,… Makanya sebisa mungkin suami-istri mengingatkan jika pasangannya cenderung menerima rizky yang tidak halal. Karena sekali lagi jaman sekarang ini terkadang susah membedakan manarizky yang halal dan mana yang haram. Butuh bantuan “tag team” untuk mengidentifikasi ini,..

Pandai-pandai mengatur rizky,… Artinya rizky pasangan harus seimbang. Tidak menjadi besar pasak daripada tiang. Pengeluaran tidak akan lebih besar daripada penghasilan. Ini menuntut pengertian yang cukup besar dari kedua belah pihak. Adakalanya istri tidak mengerti berapa besar sebenarnya penghasilan suami, sedangkan tuntutan kebutuhan rumah tangga yang seharusnya sedikit mendadak menjadi lebih besar.

Keterbukaan,.. semua pasangan suami-istri pasti terbuka di malam pertama. Tapi bukan keterbukaan seperti itu yang dimaksud. He he he,.. Keterbukaan dalam setiap menghadapi masalah adalah salah satu kunci utama perkawinan.

Baiklah kepada kedua orang tua,… Jangan membeda-bedakan antara orang tua dan mertua, karena keduanya juga sama-sama mertua. Ketika kita sudah mengucapkan janji setia di depan penghulu, berarti konsekuensi orang tua pasangan kita juga ikut menjadi bagian dari keluarga kita,..

Silaturahmi dan menghormati tetangga,.. hal ini yang sering dilupakan oleh pasangan muda. Apalagi yang tinggal di perkotaan. Coba tanya diri kita sendiri, kenal nggak sama tetangga. Dalam setahun berapa kali kita ngobrol sama tetangga. Padahal kalau terjadi sesuatu dengan ndiri kita, orang yang pertama membantu adalah tetangga.

CONCLUSION

Ternyata banyak hikmah luar biasa di balik setiap prosesi akad nikah. Lebih baik menghadiri akad nikah daripada menghadiri resepsi pernikahan. Resepsi cenderung akan membuat kita agak bersifat show off dan sedikit riyya. Sedangkan prosesi akad nikah akan membangkitkan otak kanan kita dalam flash back terhadap apa saja ucapan janji setia kita kepada pasangan. Bagi yang belum menikah mungkin acara akad nikah akan menyadarkan orang untuk kembali berikhtiar mencari jodoh yang berbasiskan tujuan yang mulia

Apakah Anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

3 thoughts on “Hikmah akad nikah

  1. yak, betul….nikah itu proses pendewasaan seorang manusia. karena nikah itu tidak sesederhana menghalalkan nafsu ‘begitu’. lebih ke arah peleburan dua pribadi jadi satu kesatuan utuh untuk mencapai satu tujuan, yaitu bahagia dunia-akhirat. Sahhhh..dalem banget gak tuh omongan saya..?!!

  2. Pernikahan adalah awal dari kehidupan masa depan yang penuh dengan misteri dan antusiasme bersama pasangan. Senang Mas Bagus hadir pada pernikahan kami, senang pernikahan kami bisa jadi inspirasi, senang ada hal yang dapt di petik dari pernikahan kami. Semoga pernikahan kami dan juga Mas Bagus beserta istri selalu dalam lindungan Tuhan dan penuh dengan kebahagian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *