Kepala Dinas yang VIBRANT

Sosoknya sangat lengkap sebagai seorang oemimpin. Beliau mempunyai segala syarat yang seharusnya dimiliki oleh seorang leader. Cantik, pintar, humoris, berwibawa dan entertaining. Beberapa kali saya berkesempatan untuk mengundang beliau agar berbicara di sebuah forum.

Pengalaman pertama adalah sekitar setahun yang lalu. Pada waktu itu kami mengundang dr Luci untuk berbicara mengenai pengembangan program IMS di tingkat kabupaten. Audiensnya adalah para peserta pelatihan manajemen IMS, konselor VCT dan MK. Terlihat sekali decak kagum dari para peserta, terutama dari propinsi lain yang baru pertama itu melihat beliau presentasi.

Pengalaman kedua sekitar bulan Mei tahun ini, ketika kami mengundang beliau untuk berbicara mengeni topik yang sama pada acara yang sama namun sekarang venue nya di cirebon. Ada beberapa kasudbin dari kota dan kabuoaten lain yang datang pada saat itu. Ada juga beberapa LSM yang datang. Setelah beliau selesai presentasi, komentar dari LSM adalah “Kapan ibu pindah ke kota kami?”. “Seandainya kepala dinas kami seperti ibu”.

Yang terakhir adalah dua hari yang lalu. Ketika beliau berbicara pada sebuah acara yang cukup membosankan. Tadinya saya pikir Depkes akan mulai serius mengerjakan program2 IMS. Makanya mereka mengundang hampir sebagian besar kepala dinas prov dan kabupaten dari 20 propinsi untuk membahas mengenai renja program IMS 2008-2012. Tapi ternyata seperti biasa Depkes tidak serius dalam memfasilitasi acara ini. Acar yang sebenarnya bisa berfungsi sangat strategis ternyata hanya menjadi guyonan saja. Which is “hanya sekedar menghabiskan anggaran”. Dari sekian banyak presentasi hanya presentasi dr Luci saja yang paling bermakna. Hanya presentasi beliaulah ketika semua orang dengan sukarela mau bertepuk tangan tanpa paksaan, memberikan applaus. Bahkan setiap jawaban-jawaban dr Luci selalu disambut dengan aplaus yang antusias. Bahkan sebelum acara beliau mempersembahkan sebuah lagu untuk para peserta. Sebuah lagu sunda yang berisi tentang bagaimana orang subang membangun subang. Benar-benar membangkitkan otak kanan,…

Semua metode fasilitasi vibrant beliau bawakan. Tidak hanya menguasai materi, tapi juga mengagungkan nilai-nilai insani dalam setiap statement nya. Tidak dijumpai kalimat-kalimat negatif dalam setiap pembicarannya. Penguasaan audiens nya sangat luar biasa. Tidak ada peserta yang tidak terpaku dengan penuturan beliau, tidak seperti presentan yang lain dimana audiens asyik ber sms atau ngobrol sendiri.

Acara yang tadinya sangat boring berubah menjadi sebuah acara fasilitasi yang sangat vibrant. Namun sayang begitu beliau pulang acara kembali menjadi boring. Betapa kuat sekali pengaruh dr. Alma Lucyati ini,… Semoga bisa mengompori para kepala dinas yang lain untuk mengikuti jejak beliau,…. Yang paling penting adalah semoga bisa menyadarkan orang-orang Depkes agar tidak berpikiran tentang SHU saja,…

Apakah Anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

2 thoughts on “Kepala Dinas yang VIBRANT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *