Ngerjain Orang Lain Pake Friendster

Logika pemakaian friendster (FS) adalah untuk persahabatan. Orang bergabung dengan FS biasanya mempunyai tujuan yang baik, yaitu menjalin persahabatan dengan orang lain, ataupun mencari sahabat yang telah lama menghilang. Tapi tidak semua orang yang bergabung dengan FS mempunyai tujuan yang baik. Banyak juga yang mempunyai tujuan yang jelek. SBY, presiden kita, pernah dibikinkan FS palsu dan ternyata isinya tidak sesuai dengan apa yang menjadi direksi beliau. Banyak juga tokoh-tokoh lain yang dipalsukan profile nya. Kebanyakan adalah artis atau selebritis. Mungkin si pembuat ini nge-fans berat dengan si artis, jadi dibikinlah FS dari artis tersebut walaupun palsu. Tapi ini abuse yang positif, artinya membangun citra positif dari artis.

Namun ada juga abuse negative. Banyak orang yang memanfaatkan FS untuk mendiskriditkan orang lain. Padahal kalau mau tahu, justru dengan membuat account FS palsu orang tersebut hanya akan mendiskriditkan diri sendiri. Bagi orang yang memahami teori networking secara dasar, akan mengerti tentang bahayanya membuat account FS palsu. Bahaya nya bukan buat orang yang dibikinkan, namun buat si pembuat. Karena sadar atau tidak, alamat IP orang pembuat telah tercatat di FS, dan setiap aktifitas apapun akan tercatat di server pusatnya. Meskipun aktifitas tersebut hanya kecil sekali, misalnya mengganti titik koma.

Pembuat FS bukanlah orang-orang yang bodoh. mereka tidak mau dituntut oleh orang lain atau pengguna FS karena memfasilitasi sebuah media yang justru mendiskriditkan user nya. Di Negara kita mungkin tuntut menuntut ini belum lazim. Tapi memungkinkan, karena semua catatan disimpan di log book nya pemilik server. Jadi Anda yang pernah membuat account FS palsu tidak akan pernah bias berkelit apabila dihadapkan di pengadilan.

Oleh karenanya FS membuat Term of Service (TOS) yang sebaiknya dibaca oleh semua pemakai sebelum menggunakan fasilitas FS atau ketika sudah menggunakan FS. Anda dapat melihat pada artikel 5 bagian c dari TOS :

Removal of Content. You understand and agree that we may review and delete any Content that you include in your profile or otherwise Post on any area of the Website (which may include deleting your entire profile) that we, in our sole judgment, believe (1) violates this Agreement, (2) might be offensive or illegal or (3) might violate the rights of, harm or threaten the safety of any other Member.

Yang artinya kurang lebih : FS berhak untuk menghapus sebagian atau keseluruhan account jika diindikasikan terdapat pelanggaran terhadap sebagagian atau keseluruhan TOS, isinya illegal atau ofensif, dan adanya kemungkinan membahayakan atau merugikan orang lain.

Pada administrator FS ada “satpam” atau surveillance berkala untuk melihat situs-situs yang kemungkinan akan melanggar TOS. Tanpa ampun account2 tersebut akan dihapus segera oleh FS. Toh FS nggak rugi menghapus satu atau dua account dari puluhan juta account yang terdaftar.

Jadi pesan buat anda :
Seandainya Anda berniat iseng ngerjain orang, FS akan dengan serta merta menghapus account Anda. Apalagi jika anda mengirimkan spam (pesan berantai ke orang lain). Lebih parah lagi jika pesan tersebut isinya hate, yang tidak sesuai dengan falsafah FS yang mengagungkan persahabatan. Jadi jika Anda terus menerus melakukan hal tersebut, hanya akan merugikan Anda sendiri. Rugi waktu dan rugi Bandwidth. (Eh, tapi nggak rugi juga kalo sih kalo maen FS nya di kantor, secara biasanya yang melakukan ini tuh orang2 iseng yang sebenernya tidak punya fungsi atau kerjaan di kantornya. Jadi memungkinkan untuk seharian maen FS dengan mengirimkan spam ke banyak orang. What a waste,.. he he he). Coba lah cari cara-cara lain yang lebih cerdas,..

PEACE,…

Apakah Anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

2 thoughts on “Ngerjain Orang Lain Pake Friendster

  1. bagusssss…nambah sensasi kayaknya tuh..!!!
    buat yang lagi bosen atau jenuh boleh juga mencoba yang kayak beginian.

  2. buat buku tamu di FS bagaimana ya bang?
    ada gak code nya ama abang, ato bisa gak abang kasih petunjuknya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *