Anomali-nya Orang Indonesia

Jadi ingat setahun yang lalu lagi ngobrol sama temen di Belanda. Lagi mikir gimana caranya bawa iPhone sama Blackberry ke Indonesia. Bela-belain mau bawa dari Belanda karena lebih murah dan lebih mudah didapat. Terus kepikiran juga buat dibisnisin.

Itu setahun yang lalu. Waktu itu iPhone 3G baru launching tapi belum masuk ke Indonesia. Kalaupun masuk ke Indo berarti barangnya ilegal. Musti di-unlock dan jailbreak dulu baru bisa dipake operator di sini. Di luar negeri ngantrinya gila-gilaan. Di Jepang sampai dibela-belain orang pada kemping seminggu di depan tokonya Mac. Pasti orang yg dapat iPhone pertama itu amat sangat menyayangi iPhone nya. Waktu itu harga iPhone yang non bundling sekitar 1100 USD. Di Indonesia saya sempet ditawarin dengan harga 15 juta. Tahun lalu saya beli iPhone yang 2G. Saya beli 5 juta (illegal tentunya) tapi saya jual lagi 5,5 juta setelah dipake 2 bulan. Aneh kan? Itulah nggak rasionalnya harga iPhone waktu itu. Kemaren saya dapat iPhone 3G dengan harga hanya 3,5 juta (2nd tentunya), tapi masih garansi resmi telkomsel. Memang jarang sih dapat barang dengan harga segitu. Itu juga yang jual udah 2 minggu sms terus minta dibeli barangnya. Tadinya sih nggak niat beli. Tapi saya nunggu jual iPod saya dulu.

Setahun yang lalu BB Bold harganya juga masih 9 jutaan. Bahkan waktu diluncurkan pertama kali di Indonesia harganya sempat mencapai 14 juta di Ambassador. Tapi lagi-lagi illegal.

Sekarang kondisinya sudah jauh berbeda. Pengguna blackberry di Indonesia sudah mencapai 300ribu orang. Tahun depan sepertinya bisa mengalahkan Amerika yang saat ini masih memegang juara untuk pengguna terbanyak. Depkominfo mengancam RIM (produsen BB) untuk segera membuka kantor cabang di Indonesia. Padahal bukan kebiasaan RIM untuk buka branch. Karena biasanya produk RIM di-bundling dengan operator lokal. Akhirnya RIM mengalah dengan kondisi anomali pengguna BB di Indonesia.
Kenapa anomali? Hanya di Indonesia saja BB bisa menjadi henpun sejuta umat (seperti nokia jaman dulu). Tadi sore waktu buka puasa, makan sate di deket kantor, si tukang satenya sedang update status facebook pake Bold. Kemaren juga waktu buka puasa di warung padang, kasirnya lagi asyik twitter-an pake Javelin. Bahkan sekarang para pembantu rumah tangga nggak mau kalah pake henpun “agak-agak blackberry” alias nexian-berry. Kata pembantu saya, “iya pak supaya bisa gaya2an biar dikira pake blackberry gitu,…..”

Bener-bener anomali!!!

Apakah Anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *